Hikmah ke 173
بسم الله الرحمن الرحيم
اِنّمَا
يُذْكَر مَنْ يَجُوزُ عَلَيهِ الاِغْفَالُ وَانّمَا يُنْبَهُ مَنْ يُمْكِنُ مِنهُ
الاِهْمَالُ
فقال (انما يذكر) بالدعاء (من يجوز عليه
الاغفال) أى السهو
Pastinya diingati
orang yg mungkinlupa dan pastinya di ingati orang yg mungkin melupakan
بأن يكون عنده غفلة وعدم علم بحال السائل فيذكره
بالسؤال
Mereka yg mungkin
lupa dan tidak tau terhadap yg meminta maka di ingati dengan cara di pinta
(وانما ينبه) بمعنى يذكر (من يمكن
منه الاهمال) أى عدم الاعتناء بحال السائل مع علمه بحالة
Dan pastinya di
ingati orang yg mungkin melupakan maksudnya tidak memperhatikaka tingkah yg
meminta sedangkan ia tau terhadap tingkahnya
فهذا امستحيل على الله تعالى ولذا كان ترك الطلب عند هؤلاء
دبا
Sedangkan keadaan seperti itu mustahil bagi allah
وقد سئل الوسطى أن يدعو فقال أخشى ان دعوت أن
يقال لى ان سألتنا مالك عندنا فقد اتهمتنا وان سألتنا ماليس لك فقد أسأت الثناء
علينا وان رضيت أجرينا لك من الأمور ماقضينا لك فى الدهور اهـ
Nyata Imam Wasiti telah meminta dan ia ber do’a, lalu iya berkata aku merasakan takut jika
aku ber do’a lalu aku di beri takutnya aku ada sangka salah jika aku tidak ber do’a, aku tidak di beri, maka aku telah berbuat buruk.....
Hikmah ke 174
.وُرُودُ الفَقَاتِ اَعْيَادُ المُرِيدِينَ
(ورود الفاقات أعياد المريدين)
الأعياد جمع عيد وهى الأوقات العائدة على الناس بالمسرات والافراح
Datangnya kebutuhan
adalah bagaikan hari rayanya bagi muridin, kerena satu tanda akan di kasih ada
dulu rasa butuh yg akan kembali kemanfaattannya bagi manusia dengan ada nya
gembira saat di beri ada rasa butuh..
فالمريدون يسرون بالفاقات لأنها تسرع بوصولهم لمقصودهم لما
فيها من الذل وقص النفس
Muridin merasakan
gembira di saat adanya rasa butuh karena sebenarnya adanya rasa butuh satu tanda
akan berhasil apa yg di maksud sama muridin, karena di saat adanya rasa butuh ada rasa hina diri dan lembutnya nafsu
كما تسر العوام بالاعياد لما فيها من نيل
شهواتهم من ملابس وغيرها
Seperti gembiranya
ke umuman manusia di saat adanya lebaran karena hasil sesuatu yg di angan-angan
baik mendapatkan baju baru dan gajih ke tiga belas dll.
Hikmah ke 175
.رُبَمَا وَجَدْتَ مِنَ المَزِيدِ فِي الفَاقَاتِ مَا لَم تَجِدْهُ
فِي الصَّومِ وَالصّلّاةِ
(ربما وجدت) أيهاالمريد (من المزيد)
أى الزيادة فى حالك من طهارة السروحصول أنوار ومعارف (فى الفاقات) أى فى حال
ورودها عليك (مالا تجده فى الصوم والصلاة)
Kamu murid
terkadang mendapatkan tambah tambah kemulian dari bersihnya sir dan hasilnya
cahaya ke ma'rifatan di saat adanya rasa
butuh sedangkan kemulyaan tersebut tidak kamu temukan di saat kamu puasa dan
sholat.
لأنه قد يكون قيامك بهما لشهوة نفسك وحظوظها
Karena kalakuan mu mendirikan sholat dan melaksanakan
puasa karena mengikuti hawa nafsumu
ومن كان هذا سبيله فلايؤمن فيه دخول الآفات فلايفيدك تزكية
ولاتحلية بخلاف ورود الفاقات فانها مباينة للهوى والشهوة على كل حال
Barang siapa yg
ada seperti itu maka tidak aman di dalam hatinya dari kemasukan panca bahya dan
tidak memberi faidah membersihkan hati dan menghiasi diri dengan amal sholeh, beda
dengan disaat adanya rasa butuh dan menahan hawa nafsu di setiap waktu
Hikmah ke 176
.الفَاقَاتُ بَسْطُ المَوَاهِبِ
(الفاقات بسط المواهب) أى كالبسط
التى ترد عليها المواهب الالهية لك من جلس عليها كما أن الملك اذا جلس أحد على
بساطه أعطاه شيئا من مواهب الدنيا
Ada rasanya butuh
adalah jembarnya segala pemberian dari allah
فالفاقات تحضرك مع الحق وتجلسك على بساط الصدق
وناهيك
Adanya rasa butuh
menghadirkan kamu beseta allah dan menempatkan mu di tempat yg baik menurutnya
بما يكون فى تلك الحضرة والمجالسة من المواهب
الربانية والنفحات الرحمانية
Oleh karena
itulah hasilnya segala kemuliaan, baik adanya mujalasah dan adanya pemberian dari allah maupun tambah-tambah kemuliannya dari allah yg maha rohman.
0 komentar:
Posting Komentar