بسم الله الرحمن الرحيم
Hikmah ke 177
.اِنْ اَرَدْتَ وُرُودَ المَوَاهِبِ عَلَيكَ صَحِحْ الفَقْرَ
وَالفَاقَةُ لَدَيكَ
ولذا قال (ان اردت ورود المواهب عليك صحح الفقر
والفاقة لديك)
Karena itulah
mushonnif ia berkata; jika kamu mengharapkan untuk datangnya segala pemberian
kepadamu maka kamu wajib untuk menanamkan rasa butuh didalam hatimu.
بأن تتحقق بهما فى نفسك تحققا تاما فلايكون عندك استغناء
بغيره بوجه من الوجوه
Dengan keadaan mu menyatakan adanya pakir dan pakoh
didalam hatimu dengan begitu nyata yg sempurna, hati-hati jangan sampai didalam
hati mu penuh dengan rasa kecukupan dengan selain Alloh
فحينئذ ترد المواهب الالهية عليك
Di saat itulah datangnya segala pemberian dari Alloh
kepada mu
Hikmah ke 178
.
اِنّمَا الصَّدقَاتُ لِلفُقَرَاءِ
تَحَقَقْ بِاَوصَافِكَ يُمِدُكَ بِاَوصَافِهِ تَحَقَقْ بِذَلِكَ
يُمِدُكَ بِعِزِهِ تَحَقَقْ بِعِجْزِكَ يُمِدُهُ
بِقُدرَتِهِ تَحَقَقْ بِضَعْفِكَ يُمِدُكَ بِحَولِهِ وَقُوَتِهِ
لقوله تعالى (انما الصدقات للفقراء تحقق بأوصافك يمدك) بضم
الياء وفتحها مع كسر الميم على الأول وضمها على الثانى (بأوصافه)
Karena Alloh berfirman ; sebenarnya sodaqoh hanya untuk
orang faqir maka kewajiban menyatakan bahwa kamu sangat membutuhkan maka Alloh
akan memberi dengan sifat sifatnya.
ثم فصل ذلك بقوله (تحقق بذلك يمدك بعزه)
Lalu mushonnif
memisahkan dengan ada qaolnya ; kamu harus menyatakan terhadap sifat Alloh maka Alloh
pasti memberri dengan kemuliannya
فتصير عزيزا به لابنفسك
Maka jadi kamu yg
mulia oleh Alloh bukan olehmu sendiri
(تحقق بعجزك يمدك بقدرته) فتصير قادرا به لابنفسك
Nyatakanlah
dengan ke lemahan mu maka Alloh memberi kepadamu dengan kekuasaannya, maka kamu
jadi yg kuasa olleh Alloh bukan olehmu sendiri
(تحقق بضعفك يمدك بحوله وقوته)
فتصير قويا به
Nyatakanlah demgan
kelemahanmu maka Alloh memberi dengan kekutannya maka jadi kamu yg kuat
olehnya.
وكذا ان تحققت بفقرك يمدك بغناه فاذا جلست على
بساط الذل وقلت يا عزيز من الذليل غيرك وعلى بساط العجز وقلت ياقادر من العاجز
غيرك وعلى بساط الضعف وقلت يا قوى من للضعيف غيرك وعلى بساط الفقر والفاقة وقلت
ياغنى من للفقير غيرك وجدت الاجابة كأنها طوع يدك فقوله تحقق بأوصافك الخ مناسب
لما ذكره من الفاقات والمواهب لأن من جملة المواهب الامداد بضد الوصف الذى تحققت
به
Hikmah ke 179
. رُبّمَا رُزِقَ الكَرَامَةُ
مَن لَم تَكْمُلْ لَهُ الاِسْتِقَامَةُ
(ربما رزق الكرامة) أى الأمر
الخارق للعادة (من لم تكمل له الاستقامة)
Terkadang di beri rezeki dengan kemulyaan (urusan yg
mendobrak adat) orang yg tidak sempurna dalam istikomahnya
فلا ينبغى للمريد أن يعتنى بها ويغتر بظهورها على يده لأنها
حينئذ ربما كانت معونة أو استدراجا لاكرامة
Maka tidak
penting bagi Murid memperhatikan karomah bisa jadi tertipu dengan dohirnya
karomah kepadanya, karena sebenarnya karomah di saat itu ada kemungkinan maunat
ada kemungkinan istidraj bukan karomah yg sejati
فالكرامة الحقيقة هى كمال الاستقامة
Karomah yg hakeki
adalah sampurna istikomah
ومرجعها الى أمرين صحة الايمان بالله واتباع
ماجاء به رسول الله صل الله عليه وسلم ظاهرا وباطنا
Kembalinya karomah terhadap dua urusan yg pertama; sah
kepercayaan kepada Alloh yg kedua mengikuti yg di bawa oleh rosululloh solalohu
alahi wasalam baik dohir maupun batin
فالواجب على المريد أن لايحرص الا عليها ولايكون له همة
الافى الوصول اليها
Kewajiban bagi Murid
jangan rakus kecuali sempurna ke istiqomahan dan tidak ada bagi Murid kecuali wusul di saat
ber bakti
وأما الكرامة بمعنى خرق العادة فلاعبرة بها عند
المحققين
Karomah dengan
makna mendobrak adat kebiasaan maka tidak termasuk karomah menurt ahli tahqiq
0 komentar:
Posting Komentar