كن مريدا صديقا مع شيخ مرشد

Kamis, 31 Januari 2019

Hikam juz sani.hikmah ke 166./..169.. kamu tidak boleh meyaqini do'a-do'amu adalah sebab

hikmah juz sani......166

  بسم الله الرحمن الرحيم

 لَايَكُونُ طَلَبُكَ تَسَبُبًا اِلَى العِطَاءِ مِنهُ فَيَقِلُ فَهْمُكَ عَنهُ وَلِيَكُن طَلَبُكَ لِاِظْهَارِ العُبُودِيَةِ وَقِيَامًا بِحَقُوقِ الرُبُوبِيَةِ

 (لايكن طلبك تسببا الى العطاء منه) أى لاتقصد بطلبك أى توجهك له بالدعاء والاعمال الصالحة خصة لنوال منه وتعتقد أنه سبب مؤثر فى ذلك (فيقل فهمك عنه) أى عن الله 
kamu tidak boleh meyaqini do'a-do'amu adalah sebab adanya pemberian dari allah, dalam arti jangan menuju oleh do'amu kepada allah  dan amal skholeh adalah ke istimewaan untuk menghasilkan sesuatu dari allah,  namun jika kamu myakini do'a dan amal skholeh sebab yg memberi tapak untuk menghasilkan sesuatu yg di gandang-gandang karena sedikit fahaman mu dari allah
أى فلاتفهم السر والحكمة فى أمر الله عباده بالطلب
maka karena kamu tidak faham rahasiah dan ilmu dalam perintahan allah terhadap hambanya untuk berdo'a
 وهو ماذكره بقوله (وليكن طلبك لاظهار العبودية) أى لاظهار كونك عبدا ذليلا ضعيفا لاغنى لك عن سيدك (وقياما بحقوق الربوبية)
jadilah doamu hanya untuk mendohirkan sifatan ke abdian mu, dan mengejakan sebagai seorang hamba yg di atur
 فان الربوبية تقتضى التذلل والخضوع من المربوب 
maka sebenarnya yg di atur adalah menunjukan adanya rasa hina dan hudu  dihadapan yg mengatur
يعنى ان الله تعالى لم يأمر عباده بالطلب منه الاليظهر افتقارهم اليه وتذللّهمّ بين يديه 

musonnif menjelaskan, sebenarnya allah tak merintah kepada hambanya untuk meminta melainkan supaya mendohirkan butuhnya mereka dan rasa hinanya dihadapan allah
لالأن يتسببوابه الى حصول ما طلبوه ونيل مارغبوا فيه
bukan karena mereka membuat sebab untuk menghasilkan sesuatu yg di cari dan untuk menghasilkan yg di sukai dalam berdoa
 هذا هو فهم العارفين عن الله
keadaan seperti ini adalah fahaman orang yg mengenal allah
 ومن هذا حاله لاينقطع سؤاله ولارغبته وان أعطاه كل مطلب وأنا له كل سؤل ومأرب ولايفرق بين العطاء والمنع فيكون عبد الله فى الأحوال كلها كما أنه ربه فى الأحوال كلها وقبيح بالعبد أن يصرف وجهه عن باب مولاه ماينيله من شهواته وهواء

  Hikmah Ka 167

.كَيفَ يَكُونُ طَلَبُكَ اللَاحِقُ سبَبًا فِي عِطَائِهِ السَابِق

(كيف يكون طلبك اللاحق) أى الموجود فيما لايزال (سببا فى عطائه) أى اعطائه (السابق) أى الموجود فى الأزل
Bagaimans bukti permintaan sekarang  menjadi sebab dengan pemberian yg dulu
 فان الأعطاء وهو تعلق الارادة فى الأزل تعلقا تنجيز ياقديما لايكون الطلب سببا فيه لتأخره عنه والسبب لابد من تقدمه على المسبب
Maka sebenarnya pemberian adalah taaluq irodah di azali dengan adanya taaluq tanjiji kodim, tak terbukti meminta sekarang menjadi sebab pemberian yg dulu

  Hikmah Ka 168

              جَلَ حُكْمُ الاَزَلِ اَن يُنْضَافَ اِلَى العِلَلِ

 ولذا قال (جل حكم الأزل) أى ما حكم به فى الأزل وتعلقت ارادته به
Karena itu mushonnif ia berkata ; agung hkum azali permintaan sekarang tidak mendorong pemberian yg azali.
وهو الاعطاء
Ya itu pemberian

(أن ينضاف الى العلل) أى ان ينسب لعلة وهو الطلب أى أن يكون سببا مؤثرا فيه .
Yen di nisbatkan terhadap elat yaitu berdoa , mustahil elat yg sekarang bisa merubah ketetepan yg azali
 ان قيل قديكون ذلك الاعطاء معلقا على الطلب فيكون سببا فيه
Jika di bahasakan terkadang ada pemberian di taalukan terhadap sebab untuk mnghasilkan sesuatu,
. أجيب بأن السبب فى الحقيقة هو تعلق ارادة الله فى الأزل انك تدعوه فيما لايزال لانفس الطلب المتأخر
Di jawab sebenarnya sebab dalam haqiqatnyat adalah taaluq irodat allah di azali, sebenarnya kmu berdoa kepadanya dalam waktu yg tak berhenti henti bukan datiahnya permintaan yg terakhir. 

  Hikmah Ka 169


.عِنَايَتُهُ فِيكَ لَالِشَئٍ مِنكَ وَاَينَ كُنتَ  حِينَ وَجَهَتكَ عِنَايَتُهُ وَقَبَلَتْكَ رِعَايَتُهُ لَم يَكُن فِي اَزَلِى اِخْلَاصُ اَعمَالٍ وَلَا وُجُودُ اَحوَالٍ بَلْ لَم يَكُن هُنَاكَ اِلَا مَحْظْ الاِفْضَالِ وَعَظِيمُ النّوَالِ

(عنايته فيك) أى اعطاؤه اياك ما تطلبه من أى تعلق ارادته فى الأزل بالاعطاء
Pemberian allah kepadamu bukan karena kamu meminta, dalam arti allah memberi kepadamu dengan ada irodahnya bukan karena kamu meminta.
(لالشىء منك) أى وقع منك اقتضى حصول تلك العناية كالدعاء والاعمال الصالحة
Bukan karena sesuatu darimu hasilnya pemberian seperti km berdoa dan beramal skholeh.
(وأين كنت حين واجهتك عنايتك وقابلتك رعايته) وهى بمعنى العناية أى

Bagaimana kamu bukti saat menghadap pemberian
 انك كنت معدوما فى الازل
Sebenarnya kamu tak ada apaapanya di azali
 ويلزم من ذلك عدم ما يصدر منك
Dan misti dari kejadian di azali tak ada sesuatu yg keluar darimu
(لم يكن فى أزله اخلاص أعمال) أى أعمال خالصة كالدعاء والصلاة والصوم (ولاوجود أحوال) مرادف لما قبله
Dan tak terbbukti di azali ikhlasnya amal seperti doa sohlat dan puasa dan tak ada ahwal..

(بل لم يكن هناك الامحض الافضال وعظيم النوال)
Balikta takterbukti di azali kecuali hanya melas padol dari allah dan besar pemberiannya
مرادف لما قبله
Sama dengan kaol sebelumnya
فالدعاء ليس سببا مؤثرا فى المطلوب
Doa bukanlah sebab yg menapaki untuk hasilnya yg di pinta
 والاعمال الصالحة ليست سببا مؤثرا فى عناية الله أى فى دخول الجنة والنجاة من النار
Amal sholeh bukan sebab yg menapaki untuk mendapatkan pertulungan dari allah, seperti masuk surga dan selamat dari neraka.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung Blog

Postingan Populer

Arsip Blog

About Me

مَا مِن نَفَسِ تُبْدِيْهِ اِلَا وَلَهُ قَدْرُ فِيكَ يُمْضِيهِ
Segala nafas yang keluar darimu itu adalah kekuasaan ALLOH SWT. Dan segalanya di pasti bagimu baik to’at maupun maksiat.
Copyright © Marifat hoos Internasional | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab