كن مريدا صديقا مع شيخ مرشد

Minggu, 13 Januari 2019

Hikmah 0151 sampe 0155



Hikmah  yang ke  151


                      .مَطَالِعُ الاَنْوَارِ القُلُوبِ وَالاَسْرَارِ
Hati dan sir, adalah tempatnya  ilmu yang di bandingkan dengan bintang, mariftat  yang di bandingkan dengan bulan, tauhid yang dibandingkan dengan matahari
 مطالع الأنوار) أى مواضع طلوع وشروق الأنوار المعنوية وهى نجوم العلم وأقمار المعرفة وشموس التوحيد (القلوب والأسرار) أى قلوب العارفين وأسرارهم فهى كالسماء التى تشرق فيها الكواكب وتطلع وتقدم أن تلك الأنوار أشد إشراقا من أنوار الكواكب قال بعضهم لو كشف الحق تعالى عن مشرقات أنوار قلوب أوليائه لا نطوى نور الشمس والقمر من مشرقات أنوار قلوبهم وأين نور الشمس والقمر من أنوار القلوب فإن ذلك النور يطرأ عليه الكسوف والغروب وأنوار قلوب اهل الله لا كسوف لها ولا غروب اهـ قال الشاذلى قدس سره لو كشف عن نور المؤمن العاصى لطبق ما بين السماء والأرض فما ظنك بنور المؤمن الطائع فمن لطف الله عدم الإطلاع على أنوار العارفين فقد قال المرسى قدس سره لو كشف عن حقيقة الولى لعبد لأن أوصافه من أوصافه ونعوته من نعوته اهـ
Hatinya orang yang marifat bagaikan langit, langit penuh dengan bintang bulan dan mata hari, sedangkan hatinya Arifin  penuh dengan ilmu dan marifat dan ketauhidan,
Sebagian ahli mukasyafah, Dia berkata, jika ALLOH membukakan dari fancaran hati orang yang benar mengenal ALLOH yakin akan gelap cahaya matahari  dan bulan karena sangat terangnya hati yang terpancar oleh nur marifat, kenapa? bisa mengalah kan cahaya matahari karena matahari dan bulan itu suka surup, sedangkan pancaran sifat ALLOH dan cahaya dzat ALLOH yang ada dalam hati orang yang marifat itu ga bakalan surup.
Imam ASadeli iya berkata,  jika  dibukakan cahaya hati orang mumin yang masih berdosa, yakin langit akan tertungkeb dan gelap, bagaimana sangkamu terhadap cahaya hati orang mumin yang toat?
Maka tanda kasih sayang ALLOH hati kekasih ALLOH yang penuh dengan cahaya tidak bisa kelihatan,
Imam Almusri ia berka: jika ALLOH membukakan dari haqiqotnya wali yakin wali di angap pangeran, karena sebenarnya sifatnya wali adalah dari sifat ALLOH.

              Hikmah yang ke  152

.نُورٌ مُسْتَودَعٌ فِي القُلُوبِ مَدَدُهُ مِنّ النُورِ الوَارِدِ مِنْ خَزَائِنِ الغُيُوبِ
Ilmu marifat yang di simpan di dalm hatinya orang yang mengenal ALLOH, maka keluar cahayanya ke alam yang nampak, yang datang dari  ilmu yang tersimpan di gudang  yang tertutup.
 (نور المستودع فى القلوب) وهو نور اليقين المودع فى قلوب العارفين (مدده) أى يمتد ويتزايد ضياؤه (من النور الوارد من خزائن الغيوب) وهو نور الأوصاف الأزليه فإذا تجلى الله عليهم بأوصافه تزايد ذلك النور الحاصل فى قلوبهم وذلك دليل على عناية الله بهم قال فى لطائف المنن واعلم أن الله سبحانه وتعالى إذا تولى وليا صان قلبه من الأغيار وحرسه بدوام الأنوار اهـ ثم أشار إلى أن النور المستودع فى القلب على قسمين بقوله
Nur yaqin di simpan di hatinya orang yang mengenal ALLOH,  maka akan bertambah cahayanya juga akan kelihatan  terpancar cahaya nya, maka jika tajali ALLOH kepada mereka dengan sifatNya, maka akan bertambah cahaya marifatnya. Maka tambah cahaya marifatnya adalah inayah dari ALLOH,
Mushonnif ia berkata dalam kitab latoiful minan, ketahuilah sesunguhnya ALLOH taala jika mengatur kekasihNya, maka ALLOH menjaga hatinya dari agyar dan memberi pengawal didalam hatinya yaitu terus ada cahayanya,
Cahaya yang disimpen didalm hati  wali terbagi dua bagian

Hikmah yang ke 153

نُوْرٌ يَكْشِفُ لَكَ بِهِ عَنْ اَثَارِهِ وَنُورٌ يَكْشِفُ لَكَ بِهِ عَنْ اَوصَافِهِ
1.   Cahaya yang terbuka bagimu oleh ALLOH sehingga kamu tau tapak qudrot ALLOH, seperti bisa melihat terhadap tingkah hamba ALLOH dan tau segala barang yang ada dilangit dan yang ada di dalam bumi ini di sebut kasyfu suroiyan
2.   Yang kedua adalah cahaya yang tebuka bagimu oleh ALLOH sehingga kamu tau segala sifat ALLOH, baik sifat jamal maupun sifat jalal, cahaya seperti ini  tidak berhasil kecuali bagi orang yang terbuka cahaya sifat ALLOH
(نور يكتشف لك عن آثاره) أى عن أحوال المكونات فتطلع على أحوال العباد وعلى ما فوق السماء وما تحت الأرض وهذا يسمى كشفا صوريا وهو ليس معتنى به عند المحققين (ونور بكشف لك به عن أوصافه) أى أوصاف جلاله وجماله وذلك النور لا يحصل إلا من تجلى تلك الأوصاف عليه وهذا يسمى كشفا معنويا وهو المعتد به عندهم ولم يقل ونور يكشف لك به عن ذاته لأن تجلى الذات البحت الخالية عن الصفات فى مختلف فيه عندهم فبعضهم نفاه وبعضهم أثبته ويسميه الشيخ محيى الدين بالبوارق لكونه يطرأ ويزول سريعا لأن القدرة البشرية لا تطيق دوامه

  Hikmah  yang ke  154


.رُبّمَا وَقَفَتْ القُلُوبُ مَعَ الْاَنْوَارِ كَمَا حُجِبَتِ النُفُوسُ بِكَثَائِفِ الْاَغْيَار
Kadang hatimu berhenti tidak bisa berjalan kepada ALLOH karena  hati terhalang oleh ilmu seperti terhalangnya nafsu tidak bisa berjalan karena penuh dengan agyar
Hijab terbagi dua 1. Nuroni seperti ilmu dan marifat  2. Dulmani seperti syahwat nafsu   
(ربما وقفت القلوب مع الأنوار) أى فتحتجب بها وتتعطل عن السير إلى الله تعالى (كما حجبت النفوس بكثائف الأغيار) أى بكثائف هى الأغيار أى الشهوات واللذات التى هى غير المولى سبحانه فالحجاب عن المولى قسمان وهو العلوم والمعارف إذا وقفت القلوب معها وركنت إليها وجعلتها غاية مقصودها وظلمانى وهو شهوات النفوس وعاداتها ووصفها بالكثافة لأنها لا تزول إلا بمعاناة ومشقة

Hikmah Ka 155


.سَتَرَ اَنْوَارَ السَرَائِرِ بِكَثَائِفِ الظَوَاهِرِ اِجْلَالًا لَهَا اَن تَبْتَذِلَ بِوُجُودِ الْاظْهَارِ وَاَنْ يُنَادَى عَلَيهَا بِلِسَانِ الاِشْتِهَارِ
ALLOH menutupi cahaya cahaya sir oleh tebalnya sifat kemanusian karena sangat mengagungkan kepada nur tersebut. Dan menjadi hina dengan adanya mendohirkan cahaya sir, dan di panggil pada cahaya tersebut lisan isyhar...
(ستر انوار السرائر) أى أنوار قلوب أوليائه (بكثائف الظواهر) أى بالأحوال التى يتلبسون بها فى ظواهر هم ويتعاطونها من الصنائع وغيرها فإن تلك الأحوال كثائف أى حاجبة لغيرهم عن الإطلاع على أنوار قلوبهم وإنما ستر تلك الأنوار مع أن الظهور التام لا ينبغى أن يكون إلا لها (إجلالا لها أن تبتذل بوجود الإظهار وأن ينادى عليها بلسان الاشتهار ) أى لأنها رفيعة القدر جليلة الخطر فأجلها عن الإبتذال لها بوجود إظهارها وصانها من أن ينادى عليها بلسان الإشتهار بين الأغيار فيكون ذلك نوعا من الإهانة بها وقد تقدم هذا فى قوله سبحانه من ستر سر الخصوصية الخ لكن أعاد ذلك هنا لأجل التعليل المذكور وأيضا سترها رحمة من الله بالمؤمنين إذ لو ظهرت أسرار الولاية على أحد لأوجبت على من ظهرت له حقوقا لا يقدر على القيام بها فإذا قصر وقع فى المحذور
Menutupi cahaya sir adalah rahmat dari ALLOH bagi orang yang beriman, ketahulah jika dohir sifat kewalian kepada satu hamba yaqin wajib bagi Dia melaksanakan kewajiban yang belum tentu mampu, dan jika Dia coroboh maka terbukti dalam sesuatu yang di takuti.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung Blog

Postingan Populer

Arsip Blog

About Me

مَا مِن نَفَسِ تُبْدِيْهِ اِلَا وَلَهُ قَدْرُ فِيكَ يُمْضِيهِ
Segala nafas yang keluar darimu itu adalah kekuasaan ALLOH SWT. Dan segalanya di pasti bagimu baik to’at maupun maksiat.
Copyright © Marifat hoos Internasional | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab