Hikmah yang ke 33
ALLOH SWT tidak terhijab oleh apapun, pastinya yang terhijab adalah kamu oleh sifat-sifat nafsu mu
بسم الله الرحمن الرحيم
اَلْحَقُ لَيْسَ بِمَحْجُوبٍ وَاِنّمَا المَحْجُوبُ اَنْتَ عَنِ
النَّظْر اِلَيهِ اِذْ لَوحَجَبَ
شَيئُ لَسَتَرَهُ مَاحَجَبَهُ وَلَوَكَانَ لَهُ سَاتِرٌ لَكَانَ
لِوُجُودِهِ حَاصِرٌ وَكُلُ حَاصِرٍ لِشيءٍ فَهُوَ لَهُ قَاهِرٌ وَهُوَ القَاهِرُ
فَوَقَ
عِبَادِهِ
ثم قال ( الحق) تعالى( ليس بمحجوب )اى ليس الحجاب وصفا له سبحانه
وتعالى (وانما المحجوب)المتصف بالحجاب (انت ) بصفاتك النفسانية (عن النظر اليه)
فان اردت الوصول اليه والدخول في حضرته فابحث عن عيوب نفسك وعالجها تصل اليه وتشاهده ببصرتك ثم استدل على
نفي الحجاب عن الرب بقوله(اذ لوحجبه شيئ لستره ماحجبه) ودفع بذلك ما يتوهم من عدم
استحالة الحجاب في حقه تعالى لآن الحجاب انما يتخذه العظاماء
والرؤساء فهو ينبئ عن الرفعة ويشعر بالعظمة فمن أين جاء النقص وحاصل الدفع أنه
لوحجبه شيء كما هو شان العظماء لستره
Lalu
mushonif Dia bicara: ALLOH SWT tidak terhijab oleh apapun, pastinya yang
terhijab adalah dirimu sendiri oleh sifat-tan nafsu mu, sehingga kamu tidak bisa melihat
kepadaNya.
Maka jika kamu punya harapan wusul kepadaNya
juga masuk ke hadrot illahi, carilah ke aeban nafsumu, juga didiklah! insyaALLOH
kamu akan wusul, Juga musyahadah kepadaNya dengan basirohmu. Lalu Mushonnif
membuat dalil; menjelaskan tidak ada
hijab bagi ALLOH SWT, apbila jika menghalang sesuatu kepada allalh, maka yaqiin menutupi
perkara kepadanya sedangkan itu perkara tidak menutupi.
Mushonnif menolak: dengan perkatannya untuk
menghilangkan sangka salahnya orang-orang bodo.
(ولوكان له ساتر لكان لوجوده )اى ذاته(حاصر)لاستلزام الستر انحصار
المستور فيه (وكل حاصرلشيء فهو له قاهر)لانه يمنعه مما وراءه ويقصره على محله
ويجعله في أسر قبضته وتحت حكمه
Apabila ada tutup-tutup
bagi ALLOH SWT tah yaqiin terbukti adanya ALLOH SWT ada yang menutupi,
sedangkan setiap perkara yang menutupi tah yaqiin lebih besar dari pada yang
dituptupinya, yang harus kita memahami
adalah tidak ada perkara yang lebih besar dari pada kebesaran ALLOH SWT, baik
af’alNya, sifatNya, maupun dzatNya.
وذلك لايصح في حقه تعالى لقوله في كتابه (وهو القاهر فوق عباده فوقية
مكانة وجلالة لامكان ان قلت كيف جعل الحجاب ملزوما والستر لازما مع ان الحجب هو
الستر قلت معنى الحجب انما يشعر في العرف بما تقدم من الرفعة والعظمة ولا يشعر
بحصر المحجوب ومعنى ستر على العكس فهو الذى يلزمه مع انحصار المحجوب فجعل لازما في الشرطية الأولى ليجعل ملزوما في
الثانية والمعنى انا لو نظرنا ماتقتضيه عظمته سبحانه وتعالى من ثبوت الحجاب لكان
له ساتر فتغاير المقدم والتالى بهذاالتأويل
Sedangkan qaul
tersebut adalah tidak sah dihaQ ALLOH SWT, karena ada sabdaNya yang dijelaskan di
dalam kitabNya: Sedangkan ALLOH SWT yang memaksa di atas segala hambaNya juga yang
agung mengalahkan segalanya.
0 komentar:
Posting Komentar