Hikmah yang ke 15
Di paksa untuk mengenal ALLOH
بسم الله الرحمن الرحيم
.مِمّايَدُلُكَ عَلَى وُجُودِقَهْرِهِ
سُبْحَانَهُ اَن حَجَبَكَ عَنهُ بِمَا لَيسَ بِمَوجُودِ
( مما يدلك على وجود قهره سبحانه أن حجبك عنه خطاب لعامة الناس
( مما يدلك على وجود قهره سبحانه أن حجبك عنه خطاب لعامة الناس
Sebagian yang
menujukan kepadamu terhadap ada koharnya ALLOH SWT yang maha suci, maka ALLOH SWT
menghijab kepada mu dari nyaksi kepadanya, (sesungguhnya maqalah ini petunjuk
bagi manusia yang umum)
( بما
ليس بموجود معه
)
)
Kamu
terhijabn dari nyaksi kepada ALLOH SWT, oleh sesuatu yang tidak ada bersamaNya.
اتفقت مقالات العارفين وإشاراتهم ومواجيدهم على ما ذكر من أن ما سوى
الله عدم محض من حيث ذاته لا
يوصف بوجود مع الله تعالى
يوصف بوجود مع الله تعالى
Ulama
ahli ma’rifat telah sepakat, bahwa sesunguhnya sesuatu selain ALLOH SWT itu tidak
ada, dari sifat manapun, baik dzatnya maupun sifatnya.
قال بعض العارفين أبى المحققون أن يشهدوا
غيرالله لما
حققهم به من شهود القيومية وإحاطة الديمومية اه
حققهم به من شهود القيومية وإحاطة الديمومية اه
Sebagian
ahli ma’rifat Dia berkata, orang-orang yang telah menyatakan adanya ALLOH SWT, mereka menolak, bilamana ada orang yang menyatakan
selain ALLOH SWT itu ada.
ومع كون ما ذكر عدما فهو حجاب عن الله تعالى
Mereka yang menyatakan selain ALLOH
SWT itu tidak ada, maka mereka terhijab oleh ALLOH SWT, (panau billah) tidak ada apa-apa selain ALLOH SWT.
فإن الناس لا يشهدون عند نظرهم للأكوان إلا هي
ولا
يشاهدون مكونها مع أنها لا وجود لها
يشاهدون مكونها مع أنها لا وجود لها
Sesunghnya orang yang sedang fana billah
(menyatakan adanya ALLOH SWT dan menyatakan tidak adanya mahluq) maka mereka tidak
melihat menurut pandangan baysirohnya, terhdaap mukawanat, kecuali mereka menyebut adanya mukanat itu
adalah ada majazi. ( adanya karena ada yang mengadakan) dan juga mereka tidak
menyaksi adanya yang mengadakan bersama yang di adakan, karena ia udah tau
sesungghnya yang di adakan sebenarnya tidak ada.
والوجود انما هو له سبحانه فهذا مما يقضى منه
العجب ثم ذكر أدلة تدل على أنه لا ينبغى أن يحتجب بتلك الأكوان
وأن الإحتجاب بها إنما هو للعوام
وأن الإحتجاب بها إنما هو للعوام
Sedangkan
sebenarnya yang wujud adalah ALLOH SWT, maka conto ini dari pembahasan yang
telah dijelaskan, menunjukan adanya ke kagetan,
lalu Mushonnif menceritakan tentang dalil, tak pantas bahwa Murid terhalang olleh
mahluq, sebenarnya yang terhalang oleh
mukwanat adalah orang awam
0 komentar:
Posting Komentar