Beda-beda jenis amal karena beda-bedanya yg datang terhadap hatinya
بسم الله الرحمن الرحيم
تَنَوَعَتْ اَجْنَاسُ الْاَعْمَالِ لِتَنَوُعِ وَارِيدَات الْاَحوَال
.
ثم قال (تنوعت اجناس الاعمل ) على العاملين
(لتنوع واردات الاحوال )
Lalu Mushonnif berkata: berwarna-warna jenis amal terhadap
orang-orang yang beramal. Karena beda-bedanya yang datang terhadap Hatinya.
أي واردات التى تنتج أحو الا قا ئمة بقلوبهم تقتصى ميلهم الى تلك
الأعمال أو واردات هي الأحوال
Maksudnya: yang datang terhadap Hatinya
seorang arif, yang membuahkan hatinya baik, ( amal sholeh atau
warid) juga disebutkan tingkah yang baik.
warid) juga disebutkan tingkah yang baik.
فان الوارد قد يسمى حالا كما سيأتى يعنى أن بعض المريدين تجده
مشتغلا بالصلاة وبعضهم بالصيام
Maka sesungguhnya warid
bisa disebut tingkah yang baik.
Seperti penjelasan yang akan di uraikan. Maksud pengarang : Sesungguhnya sebagian orang yang mau mengenal ALLOH SWT, maka akan kelihatan tinggkahnya mereka sibuk melakukan sholat, wirid, dan sebagiaannya sibuk
berpuasa.
Seperti penjelasan yang akan di uraikan. Maksud pengarang : Sesungguhnya sebagian orang yang mau mengenal ALLOH SWT, maka akan kelihatan tinggkahnya mereka sibuk melakukan sholat, wirid, dan sebagiaannya sibuk
berpuasa.
وهكذا وسبب ذلك وارد إلهى إقتضى ميل هذا إلى كذا
وينبغى لكل أحد أن يعمل بمقتضى ميل المذكور ان لم يكن تحث تربية شيخ و الا فلا
يستغل بشىء إلا بإذنه وارادته *
‘’Oleh karena itu mereka
sibuk melakukan kelakuan tersebut, karena ada waridul ilahi didalam Hatinya.
Yang memistikan mereka cenderung terhadap amal tersebut, begitu penting bagi setiap orang yang mau ma’rifat kepada ALLOH SWT, melakukan amal tersebut (sholat wirid sama puasa) apabila mereka tak terbukti ada dipengawasan guru, tetapi kalau ada di pengawasan guru maka bagi mereka (Muridiin) jangan melakukan sesuatu tanpa seijin guru sama irodahnya.
Yang memistikan mereka cenderung terhadap amal tersebut, begitu penting bagi setiap orang yang mau ma’rifat kepada ALLOH SWT, melakukan amal tersebut (sholat wirid sama puasa) apabila mereka tak terbukti ada dipengawasan guru, tetapi kalau ada di pengawasan guru maka bagi mereka (Muridiin) jangan melakukan sesuatu tanpa seijin guru sama irodahnya.
وحاصل ذلك أن تنوع الاوراد في حق المريدين الصادقين نا شيء عن تنوع الواردات على
قلوبهم فينبغى لكل مريدين أن يعمل بممقتض وارده بالشرط المتقدم ولا يعمل بمقتضى وارد غيره ولا
يعترضى على ذلك الغير في عدم إشتغاله بما اشتغل به هو
Kesimpulannya: bahwa sesungguhnya macam-macam
ao’rod bagi hak Murid, yang benar dalam keMuridan nya, itu yang keluar dari warna-warna yang datang terhadap
Hatinya mereka, maka sangat penting, bagi setiap Murid mengamalkan perkara yang
datang terhadap Hatinya, dengan syarat yang telah di tentukan (mengikuti
petunjuk guru) Hati-hati jangan mengamalkan selain petunjuk guru,
- juga jangan menentang terhadap oranglain yg tidak ikut wirid, karena mereka tidak sama amalnya dengan kamu (Murid)
0 komentar:
Posting Komentar