Hikmah
yang ke 31
ORANG YG MENDAPATKAN CAHAYA TAWAJUH CAHAYA MUWAJAHAH
بسم الله الرحمن الرحيم
اِهْتَدَى الرَاحِلُونَ اِلَيهِ بِانْوَارِ التَوَجُهِ وَالوَاصِلُونَ لَهُمْ اَنْوَارُ المُوَاجَهَةِ فَالْاَوَلُونَ لِلْاَنْوَارِ وَهَؤلَاءِ الاَنْوَارُ لَهُمْ لِاَنَّهُم
َلِلّهِ لَالِشَىءِ دُونَهُ قُلْ اللهُ ثُمَ ذَرْهُمْ فِي خَوضِهِمْ يَلْعَبُون
(اهتدى الراحلون )أى
السائرون(اليه بأنوار التوجه)أى الانوار الحاصلة من العبادات والرياضات التى
تواجهوا بها الى حضرة الرب فان المجاهدة بحسب العادة يحصل منها أنوار في القلوب
يهتدون بها الى الله تعالى حتى يصلون اليه
Mereka yang
berjalan menuju ma’rifatullah, maka mereka mendapatkan petunjuk, dengan adanya
nur tawajuh, yaitu cahaya yang berhasil dari sebab ibadah dan riadoh, oleh krena adanya cahaya tawajuh yg tertanam di hatinya, sehinga mereka bisa menghadap kehadrot robbi.
Maka sebenarnya mujahadah menurut adat bisa menghasilkan cahaya Hati, mereka
mendapatkan petunjuk sebab ada cahaya ma’rifatulloh yang masuk kedalam Hatinya, bisa bakti kepada ALLOH SWT, sehingga mereka
wusul kepadanya.
(والواصلون لهم انوار
المواجهة) أى الأنوار التى واجهتهم من حضرة الرب أى افيضت عليهم حتى عرفوه سبحانه
وتعالى (فالاولون للانوار)أى عبيد لها ومحتاجون اليها للتوسل بها الى مطلوبهم
(وهؤلاء)أى الواصلون (الآنوارلهم) اي ثابتة لهم من غير معاناة ومشقة مع فنائهم
عنها بربهم (لانهم لله لالشيء دونه) قال الله تعالى( قل الله) أى توجه اليه ولا
تمل الى الآنوار ولا غيرها (ثم ذرهم في حوضهم يلعبون )
Anwarul muwajahah
ada di Hatinya wasiliin (orang-orang yang
telah wusul kepada ALLOH), yaitu anwarul muwajahah yang datang dari hadrot
robbi bagi wasiliin, yang memenuhi Hatinya sehingga mereka mengenal ALLOH SWT
subhanahu wataala.
Yang pertama yg berbakti kepada alloh karena mengharapkan ilmu (Salikin
berbakti kepada ALLOH SWT karena ingin mendapatkan elmu marifat) maksudnya karena
membuat wasilah (pelantara) oleh cahaya ma’rifat untuk menghasilkan yang di carinya.
Sedangkan yang kedua (wasiliin) berbakti kepada ALLOH SWT karena udah ada anwar diHatinya, karena sebenarnya wasiliin beribadah kepada ALLOH karena ALLOH semata, bukan karena apa-apa selain ALLOH SWT.
Sedangkan yang kedua (wasiliin) berbakti kepada ALLOH SWT karena udah ada anwar diHatinya, karena sebenarnya wasiliin beribadah kepada ALLOH karena ALLOH semata, bukan karena apa-apa selain ALLOH SWT.
ALLOH SWT
bersabda: menghadaplah kepada ALLOH SWT! Jangan cenderung terhadap apa-apa, lalu
tinggalkanlah mereka yang canda dalmam berbakti.
فافراد التوحيد بعد الفناء الاغيار هو حق اليقين ورؤية ما سوى الله حوض ولعب ذلك من صفات المحجوبين
Adanya ketauhidan setelah panaul agyar didalam
Hatinya adalah haqul yaqiin, sedangkan meyaqiini adanya sesuatu selain ALLOH SWT
itu adalah disebutkan haud dan
la’bun, sedangkan yang meyaakini adanya sesuatu selin ALLOH SWT itu adalah dari sifatan orang mahjubiin. (yg masih jauh dari allah)
0 komentar:
Posting Komentar