بسم الله الرحمن الرحيم
. لَايُشَكِكَنّكَ فِي الوَعْدِ عَدَمُ الْوُقُوعِ
المَوعُودِ وَاِن تَعَيَّنَ زَمَنُهُ لِئَلَايَكُونَ ذَلِكَ قَدْحًا فِي
بَصِيرَتِكَ وَاِخْمَادًا لِنُوَرِ سَرِيْرَتِكَ
(لايشككنك في الوعد) الذي وعد به مولاك في
منام أولسان ملك أوبألهام رحماني ( عدم الوقوع الموعود وان تعين زمنه)اى وان كانت
منه معينا
Kamu
tidak perlu ragu dalam janji ALLOH SWT, yang telah ia janjikan dalam mimpimu
atau melewati lisan malaikat, atau perjalanan ilhamul ilahi yang begitu lembut,
tidak terbuktinya apa yang dijangjikan tepat pada waktunya, walaupun waktunya
udah di tetapkan namun tidak terjadi.
بان الهمت أنه يحصل لك في الوقت الفلانى فتح
أويحصل في العام رخاء اوغير ذلك
(لئلا يكون ذلك) أى الشك (قدحا في بصيرتك واخمادا
لنور سريرتك ) فمن وعده مولاه شيئا وان كان معينا الزمان ثم لم يقع ذلك
الموعود
Gambaran kamu mendapatkan ilham dari ALLOH
SWT, akan terbukti dalam waktu tersebut kemerdekaan atau terbukti dalam waktu yang
telah ditentukan yaitu kesuxesan DLL, karena supaya tidak terbukti adanya keraguan
itu menjadi tercela dalam nur basirohmu juga supaya tidak menjadi padam cahaya
sirmu.
Barang siapa yang telah ALLOH SWT
janjikan kepadanya untuk mendapatkan sesuatu dalam waktu yang telah ditentukan
lalu tidak terbukti barang tersebut.
فلا ينبغى ان يشككه ذلك في صدق وعد ربه لجواز ان يكون ذلك الموعود
معلقا على اسباب وشروط
Maka tidak perlu ragu bagi Dia,
dalam benarnya janji ALLOH SWT terhadap apapun yang telah ALLOH SWT jangjikan yang
tidak terbukti, karena itulah mungkin sesuatu yang dijanjikan menunggu adanya sebab
dan syarat.
استأثر الحق تعالى بعلمها
دون العبد لحكمة يريدها له
ALLOH SWT telah memilih dengan
ilmuNya terhadap sesuatu yang telah ia jangjikan bagi hambaNya, baik terbukti maupun tidak, karena
ada Hikmah yang akan kembalilagi baginya
صلى الله عليه و سلم عام الحديبية
من اخباره للصحابة
بالفتح ثم لم يحصل في ذلك العام بل في عام بعده
بالفتح ثم لم يحصل في ذلك العام بل في عام بعده
Pada suatu hari, tepatnya pada tahun
Hudaebiyah. Ada berita dari Rosul kepada Shohabatnya, akan terbuktinya putuh mekah dari kekuasan
kapiir kuraes, lalu tidak terbukti pada tahun
tersebut, namun terbuktinya di tahun
setelah itu.
فاذا خطر للمريد خاطر رحماني او ملكى ثم لم يحصل
مقتضاه
مقتضاه
Apabila bagi siMurid ada khotor(getaran
Hati) dari ALLOH SWT atau melewati khotor malaikat, akan terbuktinya sesuatu yang
telah ia janjikan. Lalu tidak.
لاينبغي ان يشك في حصول الموعود
Maka tidak perlu ragu bagi Dia
dalam menghasilkan sesuatu yang telah ia jangjikan.
بل ينبغى ان يعرف قدره ويتأدب مع ربه ويسكن
اليه فيما
وعده به ولا يتشكك في ذلك ولا يتزلزل اعتقاده
وعده به ولا يتشكك في ذلك ولا يتزلزل اعتقاده
Balikta Dia yang kedatangan
khotor, harus tau sebatas mana martabat dirinya di hadapan ALLOH SWT, dan berbuat
adab yang sopan besertaNya, lalu harus selalu
tentram Hatinya, dan berlindung dalam apa yang Dia ta’ala jangjikan, tidak boleh menjadi ragu dalam kenyataan.
Juga jangan berubah i’tikod yang telah tertanam ketauhidan didalam dadanya.
Juga jangan berubah i’tikod yang telah tertanam ketauhidan didalam dadanya.
فمن كان كذلك فهو عارف بالله سالم البصيرة
منور السريرة والا فعلى العكس من ذلك
‘’Barang siapa yang punya sifat
tersebut,(tidak ragu terhdap janji ALLOH SWT) maka Dia adalah orang yang ma’rifat
kepadanya, selamat basirohnya, dan terang cahaya sirnya, bila sebaliknya(masih ragu dengan janji ALLOH
SWT) maka Dia itu belum ma’rifat dan masih tercela dalam dadanya, juga padam cahaya
sirnya."
Maaf ya,sakira ada yang ketinggalan
BalasHapus