Hikmah yang ke .11
Tentang
ikhlas di saat beramal
بسم الله الرحمن الرحيم
.اِدْفِنْ وَجُوْدَكَ فِي اَرْضِ الخُمُولِ
فَمَا نَبَتَ لَمْ يُدْفَنْ لَايَتِمُ نَتَاجُهُ
* ثم ذكر رحمه الله ما يعين على الإخلاص ويحصل بقوله( إدفن وجودك في أرض الخمول)
Lalu Ibnu Atoillah Dia menceritakan, Semoga ALLOH SWT
memberi rahmat kepadanya, tidak menentukan Mushonif terhadap ikhlas dan menyimpulkan
dengan perkataannya: kuburlah rasa
ada kamu di tanah yang sepi.
أى فى الخمول
وهو عدم الشهرة الشبيهة بالأرض ودفن وجودك فيه أن لا يتعاطى أسباب الشهرة
بأن تعرض نفسك للمناصب وغيرها مما فيه انتشار الصيت فإن سلكت الطريق بعد شهرتك
‘’yang dimaksud pilkhumul yaitu tidak
ada rasa mau terkenal saat beramal yang disamakan dengan tanah, dan memakamkan rasa ada kamu di tanah yang
sunyi, juga tak melakukan sebab-sebab yg menibulkan diri ingin di kenal,
dengan keadaan mu menghidari kepangkatan oleh amal tersebut, DLL, maka jika kamu menempuh jalan ma’rifat
setelah terkenal.
فالوجب عليك
التواضع وأن لا ترى لنفسك مقاما ولا ترى ما أنت فيه من المناصب وغيرها شيئا عظيما
Maka kewajiban
bagimu adalah tawado,( jengan melihat terhadap diri sendiri punya kedudukan), merasakan
Jangan merasakan punya keduduka dan kepangkatan Dll
بل ترى أن
الخير في تركه لكن لا تتركها إلا باشارة أستاذك أو بإذن إلهى
Lalu kamu melihat! Sesunguhnya yg lebih baik
adalah meninggalkan ao’rod, namun jangan pernah meninggalkannya, kecuali ada
petunjuk dari gurumu atau
ada idin dari ALLOH SWT.
ada idin dari ALLOH SWT.
ثم ضرب لذلك مثلا بقوله ) فما نبت ( من الحب )
مما لم يدفن لا يتم نتا جه ( بل يخرج ضعيفا مصفرا لا
ينتفع به الإنتفاع التام وإذا لم ينبت
فالغالب أن يلتقطه الطائر فلا ينتفع به
أيضا
Lalu Mushonnif;
membagi-bagi tentang masalah ikhlas, dengan conto-conto tersebut, dengan perkataannya, apapun tanaman yang
tumbuh dengan keadaan tidak ditanamkan, maka itu kebanyakannya tidak sampai
berbuah, balikta tumbuh dengan keadaan layu, tidak membri manfaat yang
sempurna, dan apabila tidak jadi maka kebiasannya di ambil sama burung lalu tidak bisa
Dialap manfa’at.
وكذلك السالك إذا تعاطى أسباب الشهرة فى بدايته
قل أن يفلح فى نهايته وبقدر تحققه بوصف الخمول يتحقق له مقام الإخلاص
Dan
begitu pula orang yang suluk menempuh jalan mengenal ALLOH SWT. Apabila mereka
melakukan sebab-sebab terkenal di awalnya, maka sedikit mendapatkan kebahagian
di akhirnya.
Dan
dengan batasan menyatakan terhadap sifatan humul, maka jelas bagi i
Dia makom ikhlas
Dia makom ikhlas
فمبنى أمره فى الإبتداء على الفرار من الخلق
وإخمال الذكر وعدم حب الشهرة حتى إذا فنيت أوصافه وبقى بربه كان مع مولاه إن شاء
أظهره وإن شاء أخفاه
Awal berangkatnya orang yang suluk adalah lari
dari makhluq, menymbunyikan dzikir dan tidak cinta keterkenalan, sehinga rusak sifatnya juga selalu tetap
ingat sama yang maha kuasa, maka Dia
selamanya besrta ALLOH SWT, jika ALLOH SWT
menghendakinya maka ALLOH SWT menerkenalkan mereka atau tidak.
قال سيدى أبو العباس قدس الله سره
من احب الظهور فهو عبد الظهور ومن احب الخفاء فهو
عبد الخفاء ومن كان عبد الله فسواء عليه أظهره أو أخفاه اه
Said Abu Abas Dia
berkata; Semoga ALLOH SWT membersihkan terhadap
sirnya, Barang siapa yang mencintai
keterkenalan maka Dia abidnya, juga
barang siapa yang mencinati ke tidak keterkenalan maka Dia sama juga, barang siapa yang menjadi abdi ALLOH SWT, sama
saja, baik terkenal maupun tidak, tidak ada bedanya.
0 komentar:
Posting Komentar