Hikmah yang ke 60
مَابَسَقَتْ اَغْصَانُ ذُلٍ اِلَا عَلَى بِذْرِ طَمْع
( ما بسقت ) يقال بسقت النحلة بسوقا إذا طالت
أى ما طالت ( أغصان ذل إلا على بذر طمع ) شبه الذل بشجرة ذات أغصان وفروع استعارة
بالكناية والأغصان تخييل باق على حقيقته أو مستعار لأنواع الذل وبسقت ترشيح باق
على حقيقته أو بمعنى وجدت وحصلت وشبه الطمع بالنواة التى تنشأعنها الشجرة فإضافة
بذر له من إضافة المشبه به للمشبه أى طمع شبيه بالبذر أى المبذور الذى تنشأ عنه
الشجرة ذات الأغصان فكانه يقول لا تغرس بذر الطمع فى قلبك فتخرج منه شجرة الذل
وتتشعب أغصانها وفروعها
Tidak
menyebar ranting-ranting kehinaan kecuali kamu menanamkan bibitnya didalam hati, apa bibitnya kehinaan? yaitu toma, kehinaan disamakan dengan kayu yang punya
tangkai, itu adalah majaz istiaroh bilkinayah, sedangkan ranting hayalan yang
tetap pada sebenarnya, ato dipinjamkan untuk warna kehinaan, sedangkan basakot
itu adalah tarseh yang tetep pada sejatinya, ato di beri mana ketemu atau
hasil, disamaan toma dengan siki oleh karena siki bisa menghasikan kayu yang
besar yang ada rantingnya, seperti sebenarnya mushnnif Dia bicara, janganlah
menanamkan bibit toma didalam hatimu, maka kalau kamu menanamkan bibit toma
maka akan nyebar kehinaan yang diserupakan dengan kayu dan nyebar rantingnya
kehinaan oleh karena toma.
ولو
قال ما بسقت شجرة الذل لكان أولى لأن الذى يتصف بالطول وينشأ عن البذر هو أصل
الشجرة ووصف الأغصان بذلك بطريق التبع فالطمع من أعظم العيوب القادحة فى العبودية
بل هو أصل جميع الآفات لأنه محض تعلق بالناس والتجاء إليهم واعتماد عليهم وعبودية
لهم وفى ذلك من المذلة والمهانة ما لا مزيدعليه وسببه الشك فى المقدور
Dan jika mushonnif ia
berkata; tak yebar tangkai kehinan yaqiin itu lebih utama dari pada kaol
sebelumnya, karena sebenarnya tangkai yang tersifati dengan sifat tinggi dan
asal mulanya adalah petet, petet itu adalah asalnya kayu, dan sifat ranting
mengikuti tangai. Kesimpulan toma adalah sebuah keaeban yang besar yang
meruksak dalam peribadalahan, malahan lebih parah lagi dari pada itu, karena
sebenarnya toma hanyalah bergantung kepada manusa, juga bersandar, dan sebab mengabdi
kepada mereka, dengan keadaan seperti
itu adalah sebagian kehinaan juga tidak ada tambahnya. Sebab toma adalah ragu
dalam ketentuan.
ولذا
قال بعضهم لو قيل للطمع من أبوك لقال الشك فى المقدور ولو قيل ما حرفتك قال اكتساب
الذل ولو قيل ما غايتك قال الحرمان فالطمع لا محالة فاسد الدين
Dan
sebagian ulama ia berkata jika dikatakan bagi toma, siapa ayah mu? Toma ia menjawab,
ayah ku adalah ragu dalam ketentuan. Dan jika toma ditanya? apa pekerjan mu? Dia
toma menjawab, aku mencari kehinaan. Dan jika toma ditanya apa akhir tujuan mu?
Dia menjawab terhijab hati.
Tidak diragukan lagi
bahwa toma meruksak dalam agama
ولذا دخل على بن ابى طالب رضى الله تعالى عنه جامع البصرة فوجد
القصاص يقصون فأقامهم حتى جاء إلى الحسن البصرى فقال يا فتى إنى سائلك عن أمر فإن
أجبتنى فيه أبقيتك وإلا أقمتك كما أقمت اصحابك وكان قد رأى عليه سمتا وهديا فقال
الحسن سل عما شئت قال ما ملاك الدين قال الورع قال ما فساد الدين قال الطمع قال
اجلس فمثلك من يتكلم على الناس والورع الذي يقابل الطمع هو ورع الخاصة وهو صحة
اليقين وكمال التعلق برب العالمين ووجود السكون إليه وطمأنينة القلب به لا ورع
العامة وهو ترك الشبهات وعلى هذا فيقال قياسا على ما قاله
المصنف ما بسقت أغصان عز إلا على بذور ورع
Ada
kisah saidina ali RDH. Dia pernah berkumpul dengan orang basroh lalu ia menemui
seorang ahli sejarah yang lagi menceritakan lalu said ali ia mendirikan mereka
sampai kedatangan hasan bisri. Saidina alli ia berkata hay anak muda sebenarnya
aku mau nanya kepadamu, dari sesuatu
kalau kamu bisa jawab aku akan menetapkan mu dan apa bila kamu tidak
bisa jawab ku akan mendirikan mu seperti sahabt mu,
0 komentar:
Posting Komentar