Hikmah yang ke 54
Kedatangan ilmu marifat karena akan keluar dari belenggu sakitnya ketawan oleh mahkluq
بسم الله الرحمن الرحيم
اِنّمَا
اَوْرَدَعَلَيكَ الوَارِدَ لِيُخْرِجَكَ
مِنْ سِجْنِ وُجُوْدِكَ اِلَى فَضَاءِ شُهُوْدِكَ
ولذا قال ( أورد عليك الوارد ليخرجك من سجن وجودك ) أى صفاتك القائمة بك
المانعة لك من شهود مولاك كالسجن المانع للمسجون من الخروج ( إلى فضاء شهودك ) أى
شهودك للمولى الشبيه بالفضاء لعدم وجود شىء يحولك عن الرؤية
Oleh karena itu mushonnif Dia berkata; ALLOH SWT
mendatangkan ilmu ma’rifat kepadamu karena ALLOH SWT akan mengelurarkanmu dari
belenggu wujudmu,
Maksudnya sifatanmu
yang ada didalam hatimu yang menghalangi kepadamu dari musyahadah pada tuhanmu,
seperti penjara yang menghalangi bagi seluruh nara pidana untuk bisa keluar,
menuju musahadalahmu yang disamakan dengan lapangan. Maksudnya musyahadahmu
kepada yang ditaati oleh semua makhluq yang disamakan dengan lapangan, karena
tidak ada sesuatu yang menghalangi kepadamu dari melihatNya.
قال
بعضهم سجنك نفسك إذا خرجت منها وقعت فى راحة الأبد ومقتضى هذا التقدير أن الوارد
واحد وثمرته واحدة وهى الدخول فى حضرة الرب ويصح أن يكون المعنى أورد عليك الوارد
لتكون به عليه واردا أى مقبلا عليه بالإشتغال بالطاعات وأنواع المجاهدات فتشتغل
بذلك مع بقائك بأوصف نفسك وشهواتها المقتضية عدم الإخلاص فى العبادة فيرد عليك
وارد أخر ليخلصك من ذلك ويحصل لك الإخلاص
Sabagian ahli ma’rifat
ia bicara; nafsumu adalah penjaramu, apabila kamu bisa keluar dari fenjara
nafsu, maka niscaya kamu akan ada dalam kesenangan yang abadi.
Ketetapan
conto ini, adalah sebenarnya warid ada satu, buahnya juga satu, apa yg satu itu? yaitu masuk
kehadrot robbi. Juga sah sebenarnya harti lapadz aoroda alaika warid...
Supaya kamu
menghadap kepada ALLOH SWT dengan sibuk melakukan to’at dan sibuk melakukan
macam-macam mujahadalah, maka dengan keadaan itu? kamu sibuk oleh ibadah,
serta tetap dirimu dengan sifatan
nafsumu sama sahwatmu yang menunjukan tidak bisa ikhlas dirimu disaat beribadah.
setelah itu! maka ALLOH SWT mendatangkan ilmu ma’rifat karena ALLOH SWT akan
membersihkanmu dari siftan nafsumu
فإذا حصل لك ربما تركن إليه وتعتمد عليه فى قبول
أعمالك ووصولك بها إلى حضرة قربه وذلك باطل فيرد عليك وارد ثالث تغيب به عن رؤية
نفسك وتشاهد به مولاك بسرك
Maka jika
hasil ilmu ma'rifat bagimu. Kadang kamu cenderung terhadap ilmu itu untuk di
terimanya amal dan besandar terhadap
warid, dan kamu nyampe oleh amal ke
hadrot allah, sedangkan keadaan seperti itu adalah batal. Maka kamu kedatangan
warid yg ketiga kalinya, maka kamu gaib oleh warid dari melihat nafsu, dan kamu
musyahadah kepada allah oleh sir mu kaarena adanya warid yg ketiga.
0 komentar:
Posting Komentar